Lima Tanda Anda Orang Sukses, Walau Anda Tahu Atau Tidak

posted in: Karir, Ruang Ilmu | 0

Success3

 

Liz Ryan

 

Telah bertahun-tahun kita berpegang teguh pada defenisi yang sudah kadaluarsa tentang kesuksesan karir.

Dalam defenisi kuno, seorang yang sukses itu adalah orang yang punya kerja besar dan menghasilkan begitu banyak uang.

“Anda bisa mengatakan seorang itu sukses dibandingkan dengan yang lainnya dari pakaian, kendaraaan, rumah dan segala yang berbau material dari mereka.”

Sekarang ini, kita akan lebih mengenal arti kesuksesan yang lebih baik lagi.

Jika Anda memiliki kerjaan yang penting dengan rumah mewah tetapi meninggal terkena serangan jantung di usia muda karena stress, apakah orang masih memanggil Anda orang sukses?

Jika Anda punya segunung uang di bank dan orang akan mendatangi Anda karena butuh tetapi  Anda tidak punya hubungan yang dekat dengan anak Anda karena karir bagi Anda adalah segalanya, apakah Anda orang sukses?

Kebanyakan orang akan menjawab “Tidak!”

Berikut ini ada lima tanda bahwa Anda sebanarnya sudah sukses, apakah Anda punya kerjaan bagus, biasa saja atau malah tidak bekerja sama sekali.

Ingat, kesuksesan bukan tentang apa yang orang lain berikan kepada Anda – misalnya embel-embel kerjaan bagus, fasilitas mobil dari kantor, gaji besar, dan anggaran pengeluaran besar.

Banyak gelar bukan berarti membuat Anda sukses.

Sukses sesungguhnya adalah ada  kaitannya dengan kekuatan yang Anda bangun di dalam diri Anda, kekuatan yang tidak dimiliki oleh seseorang dan tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda.

1. Anda orang sukses jika  Anda bisa mengatakan yang sesungguhnya untuk melakukan sesuatu dalam karir Anda.  Jika Anda punya kerjaan bagus tetapi takut mengatakan kepada bos Anda kebenaran karena takut dia tidak suka mendengar itu, Anda belum menjadi orang sukses!

2. Anda orang sukses jika Anda tahu apa yang aka nada berikan kepada pegawai/klien yang mendorong mereka menjadi sukses. Jika Anda membiarkan orang lain mengatakan apa yang harus Anda lakukan dalam karir Anda, berarti Anda belum sukses.

3. Anda orang sukses ketika Anda tahu bagaimana menggunakan kata-kata yang pantas. Jika Anda membiarkan mulut Anda tertutup di kerjaan Anda, dimana banyak orang lain yang percaya diri berbicara, Anda belum sukses.

4. Anda orang sukses ketika Anda memberi ruang kepada diri Anda bermimpi besar sebesar yang Anda mau.  Ketika Anda memiliki visi hidup Anda sendiri dan mengambil langkah untuk itu, tidak perduli seberapa kecil langkah yang Anda buat dan tidak perduli seberapa lama Anda bisa mencapai visi Anda, Anda sudah orang sukses.

5. Jika Anda memiliki orang-orang yang Anda cintai dan mereka mencintai Anda juga, Anda orang sukses. Anda bisa mendapat kerjaan baru jika kerjaan satunya hilang. Status karir Anda di setiap saat tidak begitu penting. Pikiran, keyakinan diri dan hasrat Anda untuk nilai Anda adalah segalanya!

 

Gambar: Forbes
Gambar: Forbes

 

 

Liz Ryan adalah CEO/founder dari Human Workplace dan penulis dari Reinvention Roadmap. Follow di Twitter dan baca kolom Forbes.

 

 

 

 

 

Use Facebook to Comment on this Post