Suzy Welch: 4 Tanda Anda Harus Keluar Dari Pekerjaan Anda Segera

posted in: Karir, Ruang Ilmu | 0
Gambar: WeNeedFun
Gambar: WeNeedFun

 

Masa menghabiskan waktu selama beberapa dekade sudah usai.

Rata-rata pekerja pindah kerja adalah 4 kali pada umur 32 tahun. Dalam kenyataannya 60% professional umur 20 – 37 tahun mengatakan bahwa mereka terbuka untuk kesempatan karir baru.

Mengetahui kapan harus atau tidak seharusnya  berhenti kerja juga merupakan  cara cepat untuk menaikkan karir atau malah tertinggal, kata ahli karir dan pemimpin bisnis.

Jadi bagaimana Anda tahu ini saatnya menghadap pimpinan untuk mengundurkan diri? Penulis Best  Seller bidang manajemen sekaligus juga kontributor CNBC, Suzy Welch mengatakan keputusan besar dirangkum dalam beberapa spesifik faktor.

Menurut Welch ada 4 tanda yang harus Anda pertimbangkan untuk mengirim surat pengunduran diri segera:

 

1. Anda Terblok

Jika tidak melihat adanya kemungkinan promosi atau berkembang dalam perusahaan, Anda harus melirik perusahaan lain.

“Ada seseorang yang di atas Anda yang tidak akan keluar,” Kata Welch. “Mungkin saja anak dari bos. Mungkin saja pegawai yang baik. Anda akan mandek.”

 

2. Anda Tidak Bisa Mengembangkan Reputasi Anda.

Mulai dari bawah hingga menjadi pemimpin yang dihormati  dalam perusahaan bisa jadi sulit karena sulit untuk lari dari “reputasi yang tertanam.” Jika Anda berada di situasi dimana bos Anda hanya melihat Anda sebagai pegawai junior daripada merubah peran Anda, ini tandanya Anda harus keluar, kata Welch.

“Katakanlah Anda mulai dari jabatan Asisten – dan orang tidak pernah melihat Anda kecuali sebagai asisten tersebut. Atau Anda adalah bagian dari proyek yang gagal. Terkadang kegagalan menjadi sorotan untuk diri Anda walaupun itu bukan kesalahan Anda.”

 

3. Anda Tidak Semangat Lagi

Bekerja selama 8 jam atau bahkan lebih dalam satu hari di pekerjaan yang sebenarnya bukan hasrat Anda adalah suatu kesalahan, kata Welch.

“Jika  Anda punya perhatian tentang produk atau jasa perusahaan Anda, itu juga tanda Anda harus keluar. Hidup itu singkat dan berharga.”

Namun sebelum Anda keluar, pastikan itu bukanlah sesuatu yang bisa Anda perbaiki, misalnya bosan dan stress.

 

4. Hasrat Lain Memangil Anda

Seringkali memikirkan tentang industri, pekerjaan  atau hasrat lain merupakan cara cerdas untuk melakukan  perubahan karir.

“jika Anda terpanggil pada pagi, siang dan malam  untuk melakukan hasrat pekerjaan lain, kejar dia,” kata Welch.

 

Namun Keluar Bukanlah Selalu Menjadi Jawaban

Suzy Welch
Suzy Welch

 

Menurut Welch, keluar kerja karena Anda merasa tidak bahagia bisa jadi bukan suatu alasan baik yang kuat.

“Jika Anda merasa dingin tentang kerja Anda, Anda hanya merasa bosan dan emosi,” katanya.

Daripada keluar kerja, cari cara untuk membuat pekerjaan Anda lebih menarik. Anda bisa saja minta proyek baru yang Anda senangi atau memulai lebih terlibat dengan bos Anda.

Keluar kerja untuk menjadi seorang Entrepreneur juga sangat beresiko.

“Jika Anda hanya ingin menjadi bos sendiri, itu bukan alasan bagus untuk keluar juga. Mungkin saja Anda menjadi Mark Zuckerberg selanjutnya, namun menjadi entrepreneur bukanlah pilihan cara hidup tapi merupakan hasil dari sebuah ide brilyan. Apakah Anda puny aide brilyan tersebut?”

 

Sumber: www.cnbn.com

Use Facebook to Comment on this Post