Wonderful Indonesia – Sumatera

Setelah Ibukota Jakarta, tahukah Anda yang termasuk ke dalam Wonderful Indonesia di Pulau Sumatera? Sudah pernah kesana? Atau Belum? Mari berlibur…. :)

Taman Laut Pulau Weh 

Gambar: www.nexttriptourism.com
Gambar: www.nexttriptourism.com

Ini merupakan surga bagi para penggemar diving dengan terumbu batu karang yang mengagumkan serta variasi biodata. Lebih dari 17 spot diving menyebar di sekitar pulau, termasuk SSS House Reef, Twin Rock, Pipefish Garden, Taman Laut Rubiah, dan Pulau Seulako. Tidak sedikit kemungkinan Anda bertemu dengan hiu, pari, dan lumba-lumba atau bahkan ikan paus di beberapa bagian dari laut pulau ini.

Danau Toba

Gambar: www.theguardian.com
Gambar: www.theguardian.com

Panjang 100 Km dan lebar 30 Km, danau yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Di tengah pulau terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir.

Air Terjun Sipiso-piso

Gambar: www.outforvacation.com
Gambar: www.outforvacation.com

Anda bisa mendapati air terjun setinggi 120 M yang merupakan air terjun yang tertinggi di Indonesia, terletak di bagian Utara Danau Toba yang berada diketinggian 800 M dari atas laut yang menawarkan keindahan alam nan permai berupa bukit hijau yang ditutupi oleh pohon-pohon pinus.

Pusat Rehabilitasi Orang Utan – Bukit Lawang

Gambar: www.indonesiad.com
Gambar: www.indonesiad.com

Mari mengeksplorasi hutan Sumatera dengan ditemani oleh orang utan di Desa Bukit Lawang. Dalam literature berarti “Pintu menuju Bukit”, Bukit Lawang merupakan  sebuat desa kecil yang terletak di Utara Taman Nasional Gunung Leuser, sekitar 90 KM dari Barat Medan, Ibukota Sumatera Utara.

Taman Ekowisata Lumbini

Gambar: www.northsumatera.info
Gambar: www.northsumatera.info

Taman ekowisata ini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Disitu anda akan mengagumi keunggulan arsitektur  pagoda emas yang dibangun sebagai replica dari Pagoda Shwedagon di Myanmar.

Vihara Gunung Timur – Medan

Gambar: www.jalanjalanasik.com
Gambar: www.jalanjalanasik.com

Merupakan salah satu yang terbesar dan tertua dari bangunan ibadah bagi umat Budha di Medan, yang juga merupakan tujuan wisata bagi para turis di Sumatera Utara.

Rumah Tjong A Fie

Gambar: www.wisatajiwa.wordpress.com
Gambar: www.wisatajiwa.wordpress.com

Rumah ini merupakan saksi gambaran hidup keturunan Tionghoa di Indonesia. Menampilkan arsitektur tradisional Cina, bangunan ini juga menampilkan warisan furnitur tua dari Tjong A Fie, seorang Kapten berdarah Tionghoa pada masa Kolonial Belanda di Medan.

Taman Nasional Way Kambas

Gambar: www.hotellampung.net
Gambar: www.hotellampung.net

Berlokasi di Provinsi Lampung, taman nasional ini menawarkan  keunikan dan kenangan yang tidak terlupakan bermain dengan gajah di habitat asli mereka. Taman nasional ini juga menampilkan pelatihan gajah agar mereka bisa menampilkan atraksi unik dan atraktif pada pengunjung.

Ngarai Sianok

Gambar: dokumen pribadi.
Gambar: dokumen pribadi.

Terletak di perbatasan Bukit  Tinggi, Provinsi Sumatera Barat merupakan lembah hijau yang indah dengan kecuraman dinding sekitar 100 meter yang terbentang sepanjang 15 kilometer dan lebar 200 meter, sebuah spot yang tidak boleh dilewatkan untuk sebuah pemandangan indah.

Pulau Sikuai

Gambar: dokumen pribadi
Gambar: dokumen pribadi

Pulau ini dikenal dengan keindahan “sunset “ (matahari tenggelam). Merupakan favorit para turis karena kelembutan pasir pantainya, kehangatan air yang menyajikan kesempurnaan habitat bagi batu karang dan ikan dan juga ombak yang tenang. Pohon kelapa terhampar di sepanjang pantai dan hutan tropis yang terjaga yang ada di sekitar menjadi latar yang menambah kesempurnaan  keindahan alam dari pulau.

Pulau Mentawai

Gambar: www.mentawaiislands.com
Gambar: www.mentawaiislands.com

Pulau ini memiliki gelombang ombak yang tinggi yang menjadikannya surga bagi para peselancar lokal maupun dunia. Hutan di pedalaman pulau yang juga merupakan rumah bagi suku tradisional yang terkenal di dunia dengan seni rajah (Tato) Mentawai yang dipercayai sebagai salah satu yang tertua di dunia.

Ritual Bakar Kapal – Riau

Gambar: www.travel.detik.com
Gambar: www.travel.detik.com

Jangan lewatkan ritual yang dilakukan setiap tahun oleh para keturunan Tionghoa di Bagan Siapi-api, untuk memperingati para leluhur mereka yang telah menemukan kota tersebut dan sebagai ucapan terima kasih kepada Dewa mereka Kie Ong Ya dan Tai Su Ong.

Nongsa Palm Spring Golf & Country Club – Batam

Gambar: www.enjoybatam.com
Gambar: www.enjoybatam.com

Golf merupakan daya tarik bagi para turis. Terdapat sekitar 7 tempat terbaik yang berstandar internasional untuk para pengemar olah raga golf, semuanya  memberikan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap untuk golf dan turis, termasuk hotel, restoran, dan sentral rekreasi sebagaimana yang dapat anda temukan di Nongsa Palm Spring Golf & Country Club.

Bunga Rafflesia Arnoldi

Gambar: www.indonesia-tourism.com
Gambar: www.indonesia-tourism.com

Raflesia Arnoldi merupakan bunga terbesar di dunia yang bisa tumbuh hingga 100 centimeter dengan berat hingga 10 kilogram. Ditemukan pertama kali oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr. Joseps Arnold di hutan tropis Bengkulu, bunga langka ini tumbuh secara alami di hutan Bukit Daun.

Pulau Kemaro

Gambar: www.flickrhivemind.net
Gambar: www.flickrhivemind.net

Pulau ini unik karena terletak di Sungai Musi di Palembang. Kuil Hok Tjing Rio dan Pagoda bertingkat 9 bisa ditemukan di pulau ini sebagai  tambahan dari bagunan makam Siti Fatimah, anak dari Raja Palembang terdahulu.

Candi Muara Takus

Gambar: www.ensiklopediaindonesia.com
Gambar: www.ensiklopediaindonesia.com

Candi tertua di Pulau Sumatera terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, sekitar 135 kilometer dari Kota Pekan Baru. Terbuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata yang tidak seperti candi yang berada di Pulau Jawa yang normalnya terbuat dari batu andesit yang berasal dari pegunungan.

Diambil dari Tourist Map Indonesia – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Use Facebook to Comment on this Post